Pages

Translate

Senin, 14 Januari 2013

Apa Itu ™WordPress™ ? ? ?


Yoo..Yooyy ,apa kabar semua? ? ? Kali ini Azra akan men-Share ttg Apa itu WordPress , loh apa itu WordPress? ? Langsung aja yuk kita simak penjelesannya di bwah ini 

 

 

Penjelasan tentang apa itu wordpress.

Kalau menurut Wikipedia, penjelasan tentang apa itu wordpress atau pengertian wordpress, begini : WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine).
WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman ketua pengembang (developer), Matt Mullenweg.
Tapi saya mau coba jelaskan pengertian wordpress dengan cara dan bahasa saya sendiri ya. Karena mempelajari sesuatu akan lebih baik jika kita memahami, bukan menghafal. betul? :)
Waktu pertama kali belajar cara membuat blog di wordpress, saya juga ngga tahu apa itu wordpress. Kenapa banyak orang menggunakan wordpress dan kenapa ada blog wordpress yang alamatnya tanpa embel-embel wordpress dot com di belakangnya.
Akhirnya waktu itu, setelah cari-cari dan baca beberapa artikel, terjawablah pertanyaan saya. Kalau di deskripsikan, Apa itu wordpress, akan panjang kali lebar deh kaya deinisi wordpress menurut wikipedi diatas. Jadi lebih baik saya susun dengan nomor-nomor seperti di bawah ini :
1. Mesin Blog – WordPress merupakan salah satu mesin blog yang open source, Alias gratisan-lah gampangnya. Dan mesin blog wordpress adalah yang paling mudah digunakan, tapi tetep paling powerful, maknyuss.
2. CMS – WordPress termasuk CMS(Content Management System). Atau artinya, sebuah sistem managemen konten website dimana kita bisa memanage konten dengan sangat terorganisir dan mudah.
3. Paling banyak digunakan – Mesin blog wordpress paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tidak mengherankan, karena wordpress adalah mesin blog yang paling lengkap, fleksibel, dan sekali lagi paling mudah digunakan.
4. Ada 2 jenis – WordPress memiliki 2 varian. Yang pertama adalah wordpress dot com. Yang kedua adalah wordpress dengan hosting sendiri. Untuk yang pertama, alamat blognya pastilah akan ada akhiran wordpress dot com contoh : www.asyahome.wordpress.com. Kalau yang kedua, alamat blog bisa sesuai keinginan kita tanpa ada embel-embel wordpress.com di belakangnya.

Nah, 4 hal diatas sudah cukup menjelaskan tentang apa itu wordpress dan cukup untuk memahami pengertian wordpress.

Nah, Di bawah ini ilustrasi gambar yang menjelaskan dimana posisi wordpress dalam dunia maya :
Apa itu wordpress
Kenapa banyak blogger lebih memilih wordpress? Karena banyak kelebihan wordpress yang tidak dimiliki platform blog lain. Serta kemudahan dalam mengoperasikannya. WordPress bahkan bisa “disulap” menjadi website yang mempunyai fungsi tertentu hanya dengan menambahkan tools yang disebut plugin wordpress. Jenis website apa saja yang kita bisa buat menggunakan wordpress? Dengan mesin blog wordpress, kita bisa membuat :
  1. Website personal
  2. Toko online
  3. Website gallery foto
  4. Website berita
  5. Website forum
  6. Dsb
Dengan beberapa penjelasan serta ilustrasi diatas sudah lebih jelas kan apa itu wordpress? Memahami tentang wordpress akan lebih baik lagi jika kita juga paham tentang pengertian website

Oke sekian Postingan dari Azra Blogger  semoga bermanfaat buat Sobat semua.

Sumber: http://azragemintang.blogspot.com/2013/01/apa-itu-wordpress.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Like™Azra Blogger™Fanspafe Facebook