Pages

Translate

Sabtu, 09 Maret 2013

Keuntungan+Kerugian Bisnis Online

Postingan kali ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi, karena hampir 2 bulan saya tidak update artikel, blog yang telah memberi aku sedikit banyak pencerahan tentang dunia maya alias dunia internet.

Selama gemar ber-blogging di blogspot, khususnya, aku sudah sedikit banyak terjun ke bisnis online, entah itu bisnis investasi, bisnis affiliasi, bisnis PTC, Pay Per Lead, Paid To Sign Out, Pay Per Review, Pay Per Click bahkan sampai bisnis membuat blog sudah aku coba hingga saat ini.

Berdasarkan pengalaman pribadiku
ini aku ungkapkan bahwa Bisnis di Internet yang bekennya disebut Bisnis Online banyak memiliki keuntungan dan juga sedikit ada resikonya, tergantung bagaimana kita memanfaatkan resiko tersebut dan belajar dari pengalaman.

Pertama aku ungkapkan keuntungan berbisnis online :

1. Bisnis Online bersifat fleksibel.

Maksudnya, bisnis online tidak hanya sekedar bisa dilakukan di kantor maupun di rumah, jika kita sudah memiliki laptop dan flash modem untuk online maka kita bisa melakukan bisnis online. Apalagi kalau di daerah tempat tinggal kita banyak yang menyediakan hot spot alias jasa internet nirkabel, jadi dengan kecanggihan laptop yang kita miliki, kita bisa berinternet dengan nyaman tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

2. Tidak perlu memiliki toko dan pegawai.

Jika di bisnis offline pada umumnya, kalau kita minat berwiraswasta, semisal berdagang, maka kita perlu memiliki tempat atau toko untuk menyimpan barang-barang kita dan apabila usaha kita telah maju dan berkembang pesat, maka kita perlu mempekerjakan beberapa pegawai untuk membantu dalam usaha kita.

Di bisnis online kita tidak perlu memiliki toko ataupun pegawai, dengan hanya memiliki blog gratisan semisal blogspot atau wordpress kita sudah bisa berdagang atau berbisnis tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun.

3. Banyak yang gratis di bisnis online

Jika sobat mau usaha yang hasilkan income tanpa mengeluarkan biaya, bisnis online-lah tempatnya. Karena banyak program di bisnis online meskipun gratis bisa membantu kita memperoleh penghasilan. Contohnya program PTC (Paid To Click). Jika kita mampu menekuni bisnis model ini maka bukan mustahil, Sobat bisa kaya hanya dengan gratisan. Contohnya Tuan Dormdough yang tekun di PTC bisa hasilkan $330.76 USD (sekitar Rp. 3 juta) hanya dalam seminggu.
Jadi bisnis online bisa kita lakukan tanpa harus mengeluarkan uang bensin, uang sewa gedung atau uang gaji pegawai, kecuali biaya akses internet.

4. Bisnis yang tak lekang oleh waktu dan cuaca.

Maksudnya bisnis online bisa dilakukan tanpa kita perlu kehujanan atau kedinginan karena bisa dilakukan di tempat yang teduh, di rumah, di kantor, di cafe atau sambil kita bersendau gurau dengan anak dan istri kita, pun bisa kita berbisnis online.
Bisnis online juga bisa kita lakukan di malam hari meskipun mungkin calon-calon pembeli dari bisnis yang kita jalankan sedang tidur lelap, kita leluasa memprospek mereka atau mem-follow up mereka hanya dengan berkirim email, beriklan, berpromosi dan tak perlu kita susah payah bertamu kerumahnya untuk menawarkan bisnis yang kita jalankan. Kecuali satu hal yang bisa mematikan bisnis online yaitu bencana alam (tanah longsor, gempa bumi, tsunami) dan probabilitas tersebut sangat kecil terjadi.

5. Bermodal minim bisa raih keuntungan besar.

Keuntungan ini bersifat spesifik, pengalamanku, dengan modal minim sobat bisa raih keuntungan yang lebih besar. Bisnis online model ini terdapat di bisnis investasi yang telah banyak saya ikuti. Hanya dengan modal ratusan ribu, sobat bisa dapatkan income hingga jutaan rupiah, bisa pendapatan per bulan bahkan sampai terus-menerus dan bisa diwariskan.

6. Dapat dijalankan paruh waktu.

Bisnis online dapat dijalankan dengan waktu yang fleksibel dan paruh waktu. Anda bisa menggunakan waktu 1 atau 2 jam sehari untuk membangun bisnis online setelah pulang kerja/kuliah, atapun pada saat-saat istirahat makan siang. Jika kita punya semangat yang tinggi, bisnis Internet bisa dikembangkan dengan cepat di malam hari ketika orang
lain sedang tidur.

7. Potensi pasar yang luas.

Coba bandingkan bila Anda menjalankan bisnis secara offline (bisnis sehari-hari) biasanya Anda terbatasi dalam memasarkan produk dan jasa sobat pada suatu wilayah kota atau dalam satu negara saja, tetapi dengan memasarkan produk secara online menggunakan media internet. Sobat bisa memasarkannya ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri.

8. Sistem bisnis online mampu bekerja 24 jam non-stop.

Jika Sobat menjual produk digital, maka bisnis Internet bisa diotomatisasi dengan menggunakan sistem penjualan dan follow up yang Sobat atur sebelumnya. Jadi ibaratkan Bisnis Internet sobat adalah sebuah toko, maka toko Anda tersebut akan buka 24 jam sehari 7 hari seminggu non stop melayani pembeli dari seluruh dunia dan setiap calon pembeli akan difollow up secara otomatis menggunakan sistem sehingga tidak memerlukan kehadiran sobat setiap saat untuk mengawasi dan bisa mengerjakan aktifitas lainnya sambil menjual produk melalui internet dan mendapatkan uang dari internet. Transaksi dan profit bisa terjadi ketika pemilik bisnis sedang tidur atau bahkan bisa raih income saat kita berlibur.

9. Memiliki faktor leverage (daya ungkit) pemasarannya.

Dengan pasar yang sangat besar, bisnis online akan memberikan faktor kali (leverage) yang sangat besar pula dalam kecepatan menghasilkan uang. Karena produk yang kita jual di internet bisa dibeli oleh siapa saja dari Indonesia atau dari luar negeri, tinggal bagaimana cara sobat
mengoptimalisasi pemasarannya.

Mungkin masih banyak keuntungan-keuntungan lain yang tidak bisa saya tulis semua disini.

Setelah Sobat tahu beberapa keuntungan di bisnis online, sekarang saya tulis resiko bisnis online, meskipun resiko itu sangat minim akan terjadi kepada kita jika telah bisa bisa menjadikan resiko itu menjadi sebuah potensi dalam mengembangkan bisnis online kita.

1. Blog atau website bisnis kena hacking atau terhapus dari sistem.

Kejadian ini telah berkali-kali menimpa saya, blog bisnis investasi saya berkali-kali terhapus dan tidak bisa diakses dari sistem, meski blog tersebut bersifat gratis namun blog tersebut sudah 1 bulan saya promosikan dan berpotensi menghasilkan prospek dari penjuru Indonesia.

2. Admin bisnis online yang menipu atau kabur bahkan juga pailit.

Juga sudah terjadi kepada saya, setelah 1 bulan mengikuti bisnis investasi di klubinvestor.com, ternyata admin-nya kabur dan telah banyak menipu ribuan membernya. Padahal katanya, 1 bulan income bisa kita dapatkan, ternyata setelah saya akses lagi situsnya, hilang dari sistem dan saya tunggu sampai 4-5 hari, situs tersebut tetap tidak bisa diakses, yang akhirnya aku cari berita di Google dan ternyata klubinvestor.com telah tutup alias membawa kabur uang ratusan juta membernya. Sungguh k***ng a**r tim klubinvestor tersebut.

Mungkin itu saja resiko-resiko dari bisnis online yang bisa saya tulis karena hal tersebut diatas telah saya alami. Tinggal tindakan dari kita bagaimana kita bisa mampu mengelola resiko tersebut bisa menjadi pengalaman pada hari yang akan datang dan tetap memicu para sobat netter yang telah gemar dan menekuni bisnis internet untuk lebih maju dan berhati-hati dalam berbisnis online.

Semoga bermanfaat !!!

Sumber:http://azragemintang.blogspot.com/2013/03/keuntungankerugian-bisnis-online.html

2 komentar:

  1. sebenernya buat sekarang ini klo mau berbisnis online banyak kita banyak dimudahkan dengan banyaknya fasilitas yang tersedia untuk kita gunakan, seperti perangkat smartphone yang terus berkembang dan sosial media yang menyediakan halaman khusus untuk proses bisnis online kita.

    BalasHapus

Like™Azra Blogger™Fanspafe Facebook